Rabu, 07 Maret 2012

Negeri "Laskar Pelangi" Belitung

Negeri Laskar Pelangi begitulah julukan dari Pulau Belitung. Julukan tersebut datang dari film Laskar Pelangi yang mana pada tahun 2008 lokasi pulau ini merupakan tempat dilakukannya pengambilan gambar dan pembuatan film tersebut. Sehingga semenjak itu pulau tersebut memeliki julukan Negeri Laskar Pelangi.

Pulau Belitung, atau Belitong (bahasa setempat, diambil dari nama sejenis Siput Laut) terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung, beribukota di Tanjung Pandan, dan Belitung Timur, beribukota Manggar. Pulau Belitung memiliki banyak tempat wisata yang eksotis yang wajib dikunjungi yakni :
  • Pantai Tanjung Pendam
  • Pantai Tanjung Tinggi
  • Pantai Tanjung Kelayang
  • Pantai Tanjung Binga
  • Pantai Batu Berlayar
  • Bukit Berahu
  • Pulau Lengkuas
  • Sekolah Laskar Pelangi
  • Warung Kopi di kota Manggar
  • dll


Pantai di Belitung memiliki bebatuan granit yang sangat besar dan bebatuan inilah yang membuat mejadi indah suasana pantai Belitung ditambah dengan air pantainya yang sangat jernih dari jauh melihat warna laut biru muda sangat indah sekali.. Uniknya lagi dipantai Belitung memiliki pasir yang sangat berbeda sekali dengan pantai ditempat-tempat lain, yang membedakannya yaitu pasir disini sangat putih dan halus. Jadi tidak ada salahnya kalau membawa pulang oleh-oleh pasir putih Belitung untuk dijadikan hiasan pajangan dirumah anda :)

Sekedar saran kalau main ke pantai belitung jangan sampai terlalu sore karena di belitung banyak sekali binatang AGAS (sejenis serangga kecil) jika sampai digigit gatelnya luar biasa dan meninggalkan bercak mirip bisul kecil-kecil yang gatalnya baru reda sekitar 3 hari kemudian karena jika digaruk maka semakin asik dan semakin pula luka perih yang ditimbulkan. Oleh karena itu jika mau menghindar dari serangga tersebut bawalah Autan.

Untuk kuliner tidak afdol rasanya jika tidak memcicipi kuliner khas kota tersebut yang memiliki kuliner khasnya yakni
  • Ikan Gangan (Kepala Ikan)
Ikan yang dimasak dengan berkuah merah kuning, Ikan yang digunakan yaitu kepala Ikan Ketarap yang dimasak dengan Nenas dan Rempah kunyit. Untuk mencoba kuliner yang nikmat bisa mecari pada Pantai Tanjung Tinggi.
  • Mie Belitung
Mie belitung ini dimasak dengan rempah Ebi dengan kuah sedikit lendir yang disajikan dengan Udang, kentang rebus dan keripik emping. Mirip sekali dengan Emie Medan cuman yang membedakan Mie Belitung kuahnya lebih encer. Mie belitung yang terkenal yaitu Mie Belitung “ATEP”, tapi ada satu warung mie belitung yang enak tapi warung tersebut tidak memiliki nama lokasinya tepat di seberang KFC jalan Sriwijaya.
  • Song Sui
merupakan kuliner khas bangka belitung yang dimasak dengan menggunakan daging Babi dicampuri dengan ANG CIU / Arak Anggur Merah.

Mengenai Akomodasi jangan takut disini tersedia dari Penginapan kelas melati sampai kelas berbintang, tapi sebagai saran untuk lokasi penginapan yang strategis Hotel Biliton, letaknya stategis dipusat kota.

Oleh-oleh yang dapat dibawa dari Negeri Laskar Pelangi yang terkenal Kerupuk Belitung dari Ikan/ Udang/ Cumi, Bubuk Kopi Manggar, Terasi, Abon Ikan, dll

Jadi jika ingin belibur di Negeri Laskar Pelangi ini Akses untuk menuju ke pulau tersebut dari Jakarta tidaklah terlalu rumit, dari Jakarta hanya cukup menempuh perjalanan udara dengan waktu 50 menit. Penerbangan yang menuju Negeri Laskar Pelangi dapat  menggunakan pesawat Batavia  atau Sriwijaya yang mendarat dikota Tanjung Pandan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar