Senin, 02 Juni 2014

Keindahan Alam Pulau Bangka

objek wisata pulau bangka

  1. Pantai Matras di Desa Matras Kec. Sungailiat
  2. Pantai Parai Tenggiri di Desa Matras Kec. Sungiliat
  3. Pantai Batu Bedaun di Desa Kuala Kec. Sungailiat
  4. Pantai Teluk Uber di Desa Rambak Kec. Sungiliat
  5. Pantai Tanjung Pesona di Desa Rambak Kec. Sungiliat
  6. Pantai Tikus di Desa Rebo Kec. Sungiliat
  7. Pantai Air Anyir kec Marawang
  8. Pantai Penyusuk di Desa Bukit Ketok Kec. Belinyu
  9. Pantai Romodong di Desa Bukit Ketok Kec. Belinyu 
  10. Pantai Rebo Kec. Sungailiat
  11. Pantai Tanjung Kerasak Kec. Toboali
  12. Pantai Gunung Namak Kec. Toboali
  13. Pantai Batu Kodok Kec. Toboali
  14. Pantai Batu Tambun Kec. Lepar Pongok
  15. Pantai Tanjung Labu Kec. Lepar Pongok
     PANTAI MATRAS


Pantai Matras merupakan salah satu daerah tujuan wisata pantai andalan di Bangka Belitung. Pantai Matras amat indah dan landai. Pantai ini terletak di desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, disebelah Timur Laut Pulau Bangka dan berjarak sekitar 40 km dari Pangkalpinang atau 7 km dari kota Sungailiat. Pantai indah ini terkenal dengan nama Pantai Matras karena terletak di desa Matras, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.
Di pantai ini, pengunjung akan menemukan pemandangan pasir putih nan halus bagai mutiara dan pemandangan alam  yang mempesona. Hamparan pasir menyatu dengan bebatuan indah di sekitarnya. Panjang  pantai ini mencapai 3 km dan lebar 20-30 m yang dilatarbelakangi pepohonan  kelapa dan aliran sungai yang jernih dari daratan menuju laut. Oleh karena keelokan  pemandangan dan suasananya, pengunjung sering menyebut pantai ini sebagai  “Pantai Surga”. Di antara pantai-pantai indah yang ada di Bangka Belitung, pantai ini merupakan yang paling banyak dikunjungi wisatawan,baik oleh masyarakat Bangka sendiri ataupun wisatawan luar  daerah dan mancanegara.

         PANTAI PARAI


Pantai Parai terletak di kota Sungailiat Kabupaten Bangka, 30 km disebelah utara dari kota Pangkal Pinang. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Batu Bedaun.Pantai Parai memberikan pesona keunikan dan kemewahan yang ada di Pulau Bangka. 
Pantai Parai merupakan pantai paling indah dideretan pantai timur Pulau Bangka. Sejak dulu ketika masih disebut Hakok, pantai ini merupakan kawasan yang paling digemari untuk dikunjunggi oleh masyarakat setempat. Bebatuan yang banyak terdapat di pantai ini, bagaikan sebuah dekorasi alam yang sangat indah. Pantai ini memiliki sebauh resort dengan hotel bintang 4 yakni parai beach resort. Merupakan satu-satunya kawasan tujuan wisata pantai bertarap internasional yang patut dibanggakan dipulau bangka. Hampir semua fasilitas tersedia, mulai dari akomodasi, restauran, bar and grill, café, kolam renang, bahkan sport and leisure.

          PANTAI BATU BEDAUN 

Pantai ini terletak dikampung Bukit Kuala,Kelurahan Sinar Jaya,Kecamatan Sungailiat.Pantai ini cukup unik karena masih bersebelahan dengan Pantai  Parai Tenggiri dan mempunyai  ciri khas adanya pohon yang tumbuh diatas batu.Pantai ini sering didatangi para anak muda Bangka sekedar berkumpul ataupun berpacaran.yah,kenapa nggak pantai ini tergolong pantai yang sepi dan sangat diminati para anak muda loh.Selain suasana yang sepi,pantai ini juga menyajikan kualitas suara ombak yang indah.
             PANTAI TELUK UBER
Objek Wisata Pantai Teluk Uber ini terletak di Desa Rambak Kelurahan Srimenanti, Kacamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.Pantai Teluk Uber berjarak kurang lebih 40 kilometer dari Kota Pangkalpinang dan 3 kilometer dari Sungailiat.

            PANTAI TANJUNG PESONA

Pantai ini terletak di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat. Berjarak 9 km dari kota Sungailiat. Pantai ini berada di tengah tempat antara Pantai Teluk Uber dan Pantai Tikus. Pantai ini mempunyai panorama laut lepas, di atas tanjung dengan bebatuan yang besar. Pantai ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas wisata, dengan klasifikasi hotel berbintang tiga.

       PANTAI TIKUS
Pantai ini terletak di Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat. Pantai ini masih alami, cukup menarik untuk kunjungi. Bentuk pantainya yang cekung, berpasir putih nan halus, yang sangat memikat wisatawan untuk datang berkunjung lagi.


           PANTAI AIR ANYIR
Pantai Ini terletak di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka. Pantai ini berjarak ±15 km darl Kota Sungalliat arah ke Pangkal Pinang. Di sini, sering diadakan Upacara Rebo Kasan sebagai ucapan syukur dan do'a kepada Tuhan YME sebelum pergi ke laut untuk mencari ikan.
         

             PANTAI PENYUSUK


Terletak di Desa Penyusuk kecamatan Belinyu dengan pantai yang landai dan alami serta dihiasi dengan bebatuan. Pantai ini banyak di kunjungi para wisatawan karena keindahan pantainya serta kejernihan airnya.


Kira-kira 6 km ke arah utara dari pantai Remodong, terdapat sebuah semenanjung yang sangat indah, yaitu Tanjung Penyusuk, yang terletak paling ujung utara Pulau Bangka. Dihiasi dengan tebaran batu-batuan alam berukuran besar dan kecil, Pantai Penyusuk sangat indah. Laut yang biru dan tenang dengan riak gelombang kecil yang menerpa ke arah laut, tampak empat buah pulau kecil yang melindungi pantai ini dari gelombang, sehingga pantai ini begitu tenang.

Salah satu pulau itu, Pulau Lampu, berfungsi sebagai mercusuar. Di antara pulau-pulau dan pantai, terdapat palung dengan kedalaman air yang ditumbuhi oleh taman laut berupa tebaran terumbu karang berwarna-warni. Di situ terdapat ribuan jenis ikan hias dan ikan karang yang hidup dengan bebas.

         PANTAI ROMODONG

Lokasinya berada di daerah Belinyu, Bangka utara, sekitar 77 km dari Sungailiat. Di pantai ini, para wisatawan dapat menyaksikan peristiwa terbenamnya matahari. Ini dikarenakan lokasi pantainya yang menghadap ke Barat. Panjang keseluruhan pantai mencapai 4 km. Lautnya landai, berpasir putih dan halus. Airnya bening bak kristal.
                PANTAI REBO
Dengan perbukitannya yang indah, menjadikan pantai ini banyak dikunjungi wisatawan berbagai penjuru.
            PANTAI TANJUNG KERASAK


Pantai Tanjung Kerasak yang terletak lebih kurang 20 Km dari kota Toboali, merupakan pantai berpasir putih dan berair jernih dan tenang. Disekitar pantai, tumbuh hutan-hutan alam yang lebat. Hamparan bebatuan disekitar pantai memperindah panorama pantai ini, terutama pada waktu air laut surut. Pantai ini ramai dikunjungi masyarakat pada hari-hari libur, terutama hari minggu.
Pantai Tanjung Kerasak terletak di Desa Pasir Putih, Kecamatan Tukak Sadai, yang berjarak kurang lebih 30 Km dari Toboali. Pantai yang terletak di tengah hutan yang masih alami ini, memiliki panorama yang sangat indah dengan pasirnya yang putih dan airnya yang jernih kebiru-biruan.
Keindahannya semakin nampak oleh susunan batu-batu alami di bibir pantai, menjadi tempat bersantai yang sungguh menyejukkan. Ombaknya pun landai kecuali pada musim angin Barat. Di sekitar pantai merupakan hutan yang masih alami.
Tanjung krasak adalah salah satu pantai yang bisa dibilang masih alami. pantai tanjung krasak ini terletak sekitar 20 Kilometer dari kota tobo ali. pantai tanjung krasak ini merupakan pantai pasir putih, air jernih. pantai tanjung krasak ini bertambah sempurna karena disekitar pantai, bebatuan besar pantai masih ada dan alami
Keindahan Pantai Tanjung Kerasak sebagai salah satu obyek wisata, dijadikan Man Spit sebagai peluang usaha, mengais rezeki, menyediakan speed wisata.


                   PANTAI GUNUNG NAMAK

Pantai Gunung Namak yang berjarak lebih kurang 18 km dari kota Toboali, sangat fantastik bukan karena pasir yang putih bukan juga karena airnya yang jernih, tapi karena ia memiliki batu-batu granit yang besar, unik dan berbatasan langsung dengan bibir pantai. ...Pengunjung bisa menikmati pemandangan laut lepas sambil memancing.


                 PANTAI BATU KODOK

Pantai Batu Kodok terletak di Kelurahan Tanjung Ketapang Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan, berjarak sekitar 1 km dari Kota Toboali dan dapat ditempuh selama 15 menit perjalanan dengan kendaraan roda dua dan roda empat.


                  PANTAI BATU TAMBUN

Pantai Batu Tambun terletak di Pulau Pongok Kabupaten Bangka Selatan, lokasi pantai ini dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan dari Desa Pongok dengan menggunakan kapal motor tradisional rakyat.


               PANTAI TANJUNG LABU

Pantai Tanjung Labu berjarak lebih kurang 22 Km dari Desa Penutuk yang terletak di Pulau Lepar. Pantai Labu bisa dikunjungi melalui kota Toboali, 130 Km dari kota Pangkalpinang ke arah selatan. Dari kota “Belacan Toboali”, perjalanan sepanjang 36 Km lagi dari pelabuhan Sadai. Dari dermaga, tampak sebuah pulau terbentang. Itu lah Pulau Lepar, dermaga pendaratan tujuan terdekat adalah Desa Penutuk. Untuk menyeberang ke Desa Penutuk, dapat menggunakan boat penumpang dengan biaya Rp.5000,- per orang atau menyewa speed boat tradisional dengan biaya Rp.70.000,- untuk 4 orang. Waktu tempuh adalah 15 menit. Untuk pulang-pergi dengan biaya speed boat seharga Rp. 600.000,- Pantai ini memiliki pasir yang putih dan halus, seperti tepung, serta air yang sangat jernih dilengkapi dengan tebaran batu-batu granit yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar