Minggu, 01 Juni 2014

Tour Kota Pangkalpinang


Pangkalpinang adalah kota terbesar di Bangka yang menjadi gerbang untuk menikmati seluruh keindahan Bangka Belitung. Pangkalpinang, kota berpenduduk sekitar 134.000 jiwa. Secara etimologis Pangkal atau Pengkal dalam bahasa Melayu bermakna pusat atau awal, merujuk pada peran kota ini sebagai pusat industri pertambangan timah. Sedangkan kata Pinang merujuk pada tempat ini yang ditumbuhi pohon palem.

Pangkalpinang terletak di sebelah timur Pulau Bangka. Sekarang kota ini telah berkembang pesat menjadi pusat perdagangan, pusat pemerintahan dan pusat industry terbesar di Babel.
Banyak objek wisata menarik yang menjadi tujuan tour fovorit wisatawan yang berkunjung ke kota ini. 

Souvenir Shop
Sebagai kota utama di Bangka Belitung, Pangkalpinang bisa Anda nikmati dengan melakukan city tour. Tidak dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk sekedar berkeliling mengetahui seluk-beluk kota yang sedang berkembang ini. Setelah tiba di Bandara Depati Amir, Anda bisa langsung meluncur ke pusat kota atau berkeliling sejenak melewati komplek perkantoran pemerintah provinsi Bangka Belitung.

Sebagai gerbang utama kepulauan Bangka Belitung, banyak tempat shoping yang bisa Anda pilih untuk mencari barang-barang khas dari daerah ini. Anda dapat berbelanja di pasar modern Bangka Trade Center (BTC), yang cantik dan bersih. Sedangkan untuk souvenir shop Anda tak perlu khawatir, karena tokok-toko souvenir dan oleh-oleh khas Bangka Belitung hampir semuanya tersedia disepanjang kawasan strategis kota.

Kerajinan Kain Cual Ishadi
Kain Cual atau dikenal juga sebagai batik cual, adalah kain khas Bangka Belitung.

Museum Timah
Meseum Timah yang terletak kota Pangkalpinang ini adalah satu-satunya museum timah terbesar di Indonesia. Mesum Timah Indonesia ini terletak persis di Jantung kota, tepatnya di Jalan Jenderal Achmad Yani No. 17, Pangkalpinang.

Museum ini menyimpan beragam koleksi besar benda-benda terkait tambang timah dan merupakan satu-satunya museum pertambangan di Asia. Bangunan museum ini adalah bangunan bersejarah, karena pernah digunakan sebagai tempat Perundingan Roem-Royen.

Pantai Pasir Padi
Pantai Pasir Padi merupakan salah satu pantai yang paling indah di kota Pangkalpinang. Di pantai ini juga terkenal karena memiliki restaurant seafood yang lezat. Khusus pada hari-hari libur pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat. Letaknya yang cukup dekat dari pusat kota, hanya sekitar 7 km, menjadikan pantai pasir padi sebagai okjek wisata favorit yang tak pernah sepi.

Pantai ini adalah tempat sempurna untuk menikmati pesona matahari terbit bersama pasir putih, laut biru yang jernih dan ombak yang tenang. Ketika air surut, Anda dapat berjalan ke Pulau Punan dan bermain-main di perairannya yang tenang. Tidak terlalu jauh dari Pantai Pasir Padi, sekitar 2,5 km, dapat Anda kunjungi pula Pantai Tanjung Bunga yang merupakan pantai datar dihiasi serentetan formasi batu-batu besar yang cantik.

Kuil Kwan Tie Miaw
Kota Pangkalpinang sangat kental dengan nuansa China. Menurut sejarah interaksi antara masyarakat China dan melayu, memang sudah terjalin sejak awal 1770. Tidak heran sekarang kota ini menyimpan sejumlah kuil tua yang eksotis. Salah satunya adalah Kuil Kwan Tie Miaw.

Kuil Kwan Tie Miaw berdiri gagah di Jalan Walikota Syarif Rachman. Dulu kuil ini disebut Kuil Kwan Tie Bo dan menjadi salah satu kuil tertua yang di bangun tahun 1841, bersama dengan pasar Mambo. Kawasan tersebut merupakan Kampung China, di Pangkalpinang. Berbagai upacara tradisional China seperti ritual Pot Ngin Bun yaitu untuk menolak bala dan segala wabah penyakit yang mewabah sering di gelar di kawasan kuil ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar