Selasa, 06 Maret 2012

Wisata Belitung dan Laskar Pelangi


 Wisata Belitung dan Laskar Pelangi
Belitung: Kalimat Negeri Laskar Pelangi dengan mudah dapat dijumpai di sejumlah pelosok di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Slogan ini beberapa tahun belakangan terkenal dan jadi kebanggaan warga, khususnya di Kabupaten Belitung Timur dan Belitung, Bangka Belitung alias Babel.
Laskar Pelangi menjadi perbincangan hangat, terutama setelah Andrea Hirata memperkenalkan negeri indah ini lewat film berjudul Laskar Pelangi. Film yang dibintangi para pemain asli Belitung ini pun "meledak" hingga ditonton jutaan orang di sejumlah wilayah di Tanah Air.
Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Syamsuddin Basari, mengakui film Laskar Pelangi membawa pengaruh sangat besar bagi Belitong. Imbas dari laris manisnya film anak-anak tersebut, meningkatkan pemasukan daerah, khususnya di sektor pariwisata. 
"Nama Negeri Laskar Pelangi ya memang karena munculnya film itu. Jadi, nama provinsi Babel itu memang menempel di situ. Itu bukan cetusan dari provinsi, jadi kita nebeng dengan film Laskar Pelangi dengan Andrea Hirata," kata Syamsuddin, Rabu (29/2). 
Menurut Syamsuddin, nama Negeri Laskar Pelangi sebenarnya sudah dahulu dikenal masyarakat bahkan dunia. Namun, dari film Laskar Pelangi, nama Provinsi Bangka Belitung lebih dikenal masyarakat.
"Jadi setelah film Laskar Pelangi ini menggemalah segala-galanya. Dan, nama Laskar Pelangi di Bangka Belitung ini sudah dikenal di masyarakat, dan nama Laskar Pelangi sudah mendunia," paparnya.
Setelah film tersebut berhasil mengajak ribuan orang untuk menontonnya, nama Laskar Pelangi menjadi potensi pariwisata maju. Bahkan di dunia internasional.
"Akibat nama Laskar Pelangi, potensi pariwisata maju gitu, bahkan dunia internasional mengenalnya dengan karangan Andrea Hirata jadi nama Bangka Belitung jadi mencuat," jelasnya.
Untuk itu, Syamsuddin mengajak segenap masyarakat untuk mendukung pemerintah setempat untuk menjadikan Babel Negeri Laskar Pelangi. Jika tidak, kata Syamsuddin, nama Babel sebagai Negeri Laskar Pelangi lama kelamaan akan menghilang.
"Marilah kita sama-sama mendukung Laskar Pelangi baik kabupaten dengan provinsi. Jadi kita sangat diuntungkan oleh Andrea Hirata. Sehingga tingkat dunia mengetahui Bangka Belitung. Maka potensi pariwisata jadi meningkat di Provinsi Babel khususnya di Kabupaten Belitung," imbaunya.
Dukungan tersebut, menurut Syamsudin mulai dari pemerintah daerah, masalah infrastruktur, seni budaya, adat istiadat, dan dari pelayanan masyarakat Belitung sendiri kepada para pelancong. "Jadi kita tidak hanya mengandalkan pariwisata laut saja," kata Syamsuddin.
Untuk itu, Syamsuddin selaku Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, mengucapkan rasa terima kasih kepada Andrea Hirata yang telah membangkitkan kembali nama dan pariwisata Babel di mata dunia. Dengan demikian, imbuh Syamsuddin, pendapatan masyarakat setempat meningkat dari para wisatawan yang berkunjung di wilayah itu.
"Kunjungan wisata itu jelas jauh meningkat. Dan, kita bersyukurlah kepada Andrea Hirata yang telah mendobrak nama Babel ke tingkat internasional sehingga terkenal oleh Amerika, Inggris, Jerman dan sebagainya. Itu luar biasa," ucap Syamsuddin.

1 komentar: